Jumat, 16 Mei 2008

Mengistal XP

Microsoft Windows XP Professional

Windows XP Professional merupakan versi Windows XP yang dibuat untuk pengguna perusahaan. Windows XP versi ini dilengkapi dengan alat komunikasi dan kolaborasi terbaru, dukungan laptop lanjutan, kemampuan akses jarak jauh ( remote access capabilities ), dan masih banyak lagi. Windows XP Professional membantu kita menjadi lebih produktif dibandingkan Windows versi sebelumnya. Wndows XP Professional merupakan Windows yang paling andal, aman, dan reponsif. Pada system operasi terbaru ini, Microsoft menambahkan kemudahan pengguna dan jasa internet generasi selanjutnya dengan menggunakan Microsoft . NET.

1. Mudah Digunakan

Melalui tampilan barunya yang lebih intuitif dan desainya berdasarkan tugas, Windows XP Professional akan membuat pengalaman komputasi kita lebih mudah dibandingkan versi sebelumnya. Sekarang kita akan dapat melakukan tugas dalam waktu yang lebih singkat, menemukan item dengan cara yang mudah, dan menyusun file dan folder dengan cara yang menyenangkan. Secara sederhana, Windows XP Professional akan membantu kita bekerja lebih pintar.

2. Desain Visual yang segar

Windows XP Professional tetap memakai antarmuka inti Windows 2000, di mana antar muka pengguna baru mengkonsolidasikan dan menyederhanakan tugas umum, dan memperkenalkan isyarat visual baru untuk membantu kita menavigasi computer. Kita dapat memilih antar muka pengguna yang diperbarui atau antarmuka Windows 2000 klasik dengan mengkik sebuah tombol.

3. Dapat diandalkan

Windows XP Professional menyediakan dasar yang dapat diandalakn dan dapat diandalkan menjaga computer dan berjalan ketika kita membutuhkannya. Tidak hanya merupakan system operasi yang lebih andal, juga menawarkan fasilitas yang membuat jauh lebih cepat dan mudah untuk me-recorver masalah system.

4. Komunikasi Real Time

Sekarang, kita sangat bergantung pada e-mail untuk komunukasi dengan kolega, klien, bahkan keluarga dan teman-teman. E-mail merupakn aplikasi komunikasi yang berkekuatan penuh, tetapi tidak didesain untuk komunikasi real- time sehingga sekarang kita mungkin menggunakan penyamapian pesan berbasis teks untuk tetap berkomunikasi. Kita mungin telah mengetahui mengapa penyampaian pesan instan merupakan satu jasa yang tumbuh cepat : karena penyamapia pesan instant mudah dan produktif.

5. Pertolongan dan Dukungan

Pernakah kita ingin hanya mengklik icon dan menemukan jawaban ke masalh pengolahan data kita? Wndows XP Professional menjawab keinginan itu dengan Help and Support Center baru. Icon mudah untuk menemukan ( easy to find icon ) pada menu stsrt menunjukan lokasi pusat untuk topic, tutorial, dan troubleshooting Help untuk menjaga computer kita berjalan dengan mulus. Help and Support Center menyediakan sumberdaya dinamis, pribadi, online dengan pencarian mudah untuk digunakan ( easy to use search ) dan isi yang luas. Menambah perbaikan kekuatan, komunikasi, dan produktifitas dalam Windows XP Professional sekarang kita memiliki system yang bekerja sesuai dengan bagai mana system kita selalu inginkan.

6. Mobilitas

Popularitas laptop menunjukn bahwa orang ingin sekalimenggunakan tekhnologi mobil. Tetapi system yang digunakan sekarang tidak seandal dan semudah untuk digunakan seperti keinginan banyak pekerja. Windows XP Professional didesain untuk membuat komputasi mobil lebih mudah. Sistem operasi ini di bangun untuk menyediakan akses ke informasi kita bepergian.Perbaikan komputasi mobil dalam Windows XP Professional dibangun pada fleksibilitas Windows 2000 Professional. Fasilitas baru untuk komputasi mobil akan membantu kita bekerja sebanyak mungkin di jalan atau di rumah seperti kita lakukan di kantor sehingga kita dapat produktif, tidak maslah di mana kita berada. Dengan menambahkan kemampuan ini ke fasilitas keandalan, penampilan, dan komunikasi dalam Windows XP Professional kita memiliki system yang dapat melakukan hal yang selalu kita piker system harus dapat lakukan.

Menginstal Microsoft Windows XP

Jika ingin menggunakan Windows XP, program system operasi ini harus diinstal ke computer lebih dahulu. Kita dapat menginstal Windows XP dengan dua cara sebagai berikut:

  • Menginstal langsung dengan melalui computer dari CD Windows XP.
  • Mengistal dengan meng-upgrade Windows 2000 yang telah terinstal pada computer.

Jika computer belum terinstal Windows 2000, kita harus mengistal langsung dengan memulai computer dari CD Windows XP. Jika computer telah terinstal Windows 2000, kita dapat mengistal Windows XP dengan meng-upgrade program system operasi ini. Sebagai contoh, disini kita mengistal Windows XP dengan memulai computer dari CD Windows XP.

1. Memulai Pengistalan

Kita harus melakukan beberapa beberapa langkah persiapan untuk mengistal Windows XP ke computer. Lebih jelasnya, langkah-langkah persiapan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memasukan CD Windows XP versi Professional yang akan kita gunakan ke drive CD ROM

2. Hidupkan computer dan atur program CMOS pada mainboard computer untuk memulai computer melalui drive CD ROM

3. Tutup program CMOS dan simpan setting baru untuk memulai kembali computer. Setelah computer dimulai, pada layer monitor terlihat pesan Searching for Boot Record from CDROM … OK

4. Ketika pesan Press any key to boot from cd terlihat pada layar monitor, tekan sembarang tombol untuk memulai computer dari CDROM

5. Program pengistal Windows XP ( setup ) mengispeksi konfigurasi computer. Hal ini dilakuakn untuk memeriksa apakah konfigurasi computer memenuhi syarat untuk diinstal Windows XP

6. Setelah pengispeksian konfigurasi computer selesai dan computer memenuhi syarat untuk diinstal Windows XP, pada layer monitor terlihat Windows setup. Pada bagian bawah layar terlihat informasi pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan program setup

7. Kemudian program setup memanggil file-file yang dibutuhkan untuk penginstalan Windows XP ke computer

8. Setelah pemanggilan file-file selesai, setup menjalankan Windows . Pada layar monitor terlihat layar Windows XP Professional setup dengan pesan selamat dating pada program setup. Program setup akan mengistal Windows XP ke computer

9. Program setup telah mendekati bahwa kita akan mengistal program system operasi Windows XP ke computer. Tekan tombol Enter untuk memulai pengistalan Windows XP ke computer, pada monitor terlihat layar Windows XP Licensing Agreement

2. Membuat Partisi dari Ruang yang Belum Dipartisi

Mungkin pada hardisk ada ruang yang belim di partisi. Untuk membuat partisi dalam ruang yang belum dipartisi, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Pilih bagian ruang hardisk tersebut dengan menggunakan tombol panah atas { } atau tombol panah bawah { }

2. Kemudian tekan tombol C, maka partisi dibuat pada bagian ruang hardisk tersebut. Pada layar terlihat pesan kita sedang membuat partisi baru. Ukuran minimum partisi adalah 8 MB. Ukuran maksimum partisi tergantung besar ruang hardisk computer. Jika kita ingin membuat partisi dari bagian ruang hardisk yang kita tentukan sendiri, di belakang teks Create partition of size ( in MB) masukan ukuran partisi yang kita inginkan dalam ukuran MB

3. Kemudian tekan tombol enter untuk membuat partisi tersebut, maka program Setup membuat item C: Partition(n) [New (Raw)] dengan ukuran partisi. Atau tekan tombol Esc untuk kembali ke layar sebelumnya tanpa membuat partisi baru

3. Mengatur Windows XP Sesuaidengan Pribadi Kita

Program setup menggunakan informasi tentang diri kita yang dimasukan untuk mempersonalisasikan Windows XP.

· Pada kotak Name Ketikkan nama lengkap dan pada Organizationketikan nama organisasi dimana kita bekerja atau belajar

· Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan penginstalan. Pada kotak dialog terlihat informasi kunci produk CD Windows XP yang digunakan

4. Melengkapi Penginstalan

Ketika kembali ke layer Windows XP Professional setup kemnali, program setup melengkapi penginstalan Windows XP ke computer. Hal ini di tujukan dengan pesan Completing installation… pada bagianbawah layer. Disini program setup menginstal item menu start dan mendaftar komponen Windows.

Menjalankan Windows dan Mengenal Deskop

Ketika computer dihidupkan, Windows sebagai program system operasi akan dijalankan secara otomatis. Setelah beberapa waktu proses persiapan Windows, pada layar monitor ditampilkan layar Welcome baru untuk log on ke computer. Log on ke computer berguna untuk menjamin keamanan computer sehingga data atau dokumen pada computer tidak dapat di buka dan dibaca oleh orang lain.

1. Deskop

Kita membutuhkan meja kerja jika kita ingin bekerja dengan baik. Meja kerja berguna sebagai tempat untuk meletakkan semua pekerjaan.Deskop mempunyai konsep yang sama seperti meja kerja. Deskop berguna untuk meletakan semua pekerjaan ketika bekerja dengan Windows. Pada Desktop Windows terlihat icon dan taskbar.

2. Tombol dan Menu Start

Diujung kiri taskbar terdapat tombol Start. Tombol ini ditandai dengan lambing bendera Windows. Bagian ini merupakan bagian yang paling penting, karena kita memulai semua pekerjaan dengan tombol ini. Windows menampilkan daftar program aplikasi yang sering digunakan pada sisi menu start. Program yang jarang digunakan tidak akan ditampilkan pada daftar program aplikasi.

3. Menutup Windows

Setelah selesai melakukan pekerjaan, kita pasti ingin beristirahat dengan menutup program Windows pada computer. Kika kita langsung mematikan power computer, hal ini akan merusak program Windows,program aplikasi, dan file dokumen pada harddisk.Cara aman mematikan computer:

1. Klik tombol Start pada taskbar untuk menampilkan menu start kembali.

2. Pada menu Start klik tombol Turn Off Computer pada bagian bawah menu untuk menampilkan kontak dialog Turn Off Computer.

3. Pada kontak dialog klik tombol Turn Off, maka program Wndows pada computer tertutup. Jika ada jendela folder atau program aplikasi terbuka, Windows akan menutupnya lebih dahulu. Ketika Windows tertutup kita akan aman mematikan tombol power

Tidak ada komentar: